Senin, 17 September 2012

USB extender dengan UTP CAT 5


USB extender adalah istilah dari USB yang di hubungkan ke komputer secara tidak langsung, atau secara sederhana USB ektender bisa disebut sebagai perpanjangan USB, pada umumnya kabel yang di jual di pasaran adalah berukuran 1.5 meter, 3 meter dan 5 meter. dan memiliki konektor USB male dan female. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :
Lalu bagaimana apabila kita ingin memiliki USB extender lebih dari 5 meter...? Pada kesempatan kali ini saya akan membagi pengalaman saya, ternyata USB extender dapat kita buat sendiri dengan menggunakan kabel UTP CAT 5. sesuai posting saya sebelumnya mengenai CCTV murah meriah saya ingin memasang webcam saya jauh dari komputer saya, bahkan di ruangan sebelah saya, sedangkan saya hanya memiliki USB extender sepanjang 1.5 meter, kemudian saya mencoba membuatnya dengan menggunakan kabel UTP CAT 5, Untuk lebih jelasnya langsung kita ke TKP........

  •  Pertama kita siapkan terlebih dahulu alat alat nya :
    1. Tang Potong
    2. Solatip hitam
    3. Kabel UTP
    4. Kabel USB extender (saya menggunakan yang 1.5 meter)
    5. Solder
    6. Tinol 
  • Potong kabel UTP 10 meter (disini saya hanya membutuhkan USB extender 10 meter saja)
  • Kupas kedua ujungnya menggunakan Tang potong hingga nampak seperti di bawah ini :
  •  Kemudian susun kedelapan kabel tersebut sehingga menjadi 4 bagian sesuai aturan di bawah ini
  1. Kabel warna Hijau putih (1 kabel tidak di gabung dengan yang lain )
  2. Kabel warna Hiaju (1 kabel tidak di gabung dengan yang lain )
  3. Kabel warna Orange putih dan Orange (2 kabel disatukan)
  4. Kabel warna Biru putih, Biru, Coklat putih, Coklat (4 kabel disatukan)
  • Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini :
  • Kemudian potong kabel USB extender yang tadi menjadi 2 dan kupas kedua ujungnya 
  •  Satukan masing masing ujung kabel UTP dan kabel USB extender yang telah kita siapkan sebelumnya dengan aturan :
  1. Kabel warna Hijau putih (1 kabel tidak di gabung dengan yang lain ) --> Putih
  2. Kabel warna Hiaju (1 kabel tidak di gabung dengan yang lain ) --> Hijau
  3. Kabel warna Orange putih dan Orange (2 kabel disatukan) -->Merah
  4. Kabel warna Biru putih, Biru, Coklat putih, Coklat (4 kabel disatukan) -->Hitam
Bagian tulisan yang berwarna hitam adalah kabel dari USB extender, kemudian satukan sesuai urutan di atas dan untuk lebih kuat kita gunakan soder dan tinol untuk memperkuat sambungan kabel seperti gambar di bwah ini : 

 
  • Kemudian hasilnya kita bungkus menggunakan solatip yang telah kita siapkan, dalam melakukan penyolatipan kita harus berhati hati, agar kabel hasil sambungan tadi tida menyatu satu sama lain hingga menimbulkan arus pendek. hasilnya seperti di bawah :
  • Hasil USB extender yang saya buat :

  • Tahap berikutnya adalah pengujian, sambungkan kabel USB extender hasil karya kita tadi ke komputer, kemudian pasang Flasdisk seperti tampak di bawah :
  •  Apabila kabel yang kita buat tadi berhasil maka hasilnya seperti nampak di bawah ini :



Tidak ada komentar: